Leave a comment

5 Mamalia paling langka (Versiku)


Teman-teman, banyak sudah mamalia yang punah. Banyak juga yang masih bertahan, tetapi amat langka. Bila tidak diselamatkan, mereka akan segera punah. Inilah sebagian di antara mamalia terlangka di dunia, yang jumlahnya tidak lebih dari 200 ekor. AYO SELAMATKAN MEREKA!!

1. Baji ( Lipotes Vexilifer )

Baji adalah lumba-lumba air tawar. Ia terdapat di Sungai Yangtze, Cina, sehingga dinamakan juga lumba-lumba Sungai Yangtze.Dahulu tersebar luas pada anak-anak Sungai Yangtze. Sekarang hanya terdapat pada aliran utama Sungai Yangtze dekat hilir.

Baji merupakan mamalia laut paling langka. Penyeb langka antara  lain karena banyak terjerat jaring nelayan, perburuan liar, serta sedikitnya ikan yang menjadi makanan Baiji. Kerusakan lingkungan serta kebisingan akibat lalu lintas sungai juga memperburuk keadaan. Wah, sangat menghawatirkan…..

 

2. Marmut Pulau Vancover

Inilah hewan yang disebut sebagai mamalia paling langka di Amerika Utara. Marmut yang in mendiami Pulau Vancouver Kanada. Besar tubuhnya setara dengan kucing rumahan. Kerusakan habitat akibat penebangan hutan menjadi penyebab utama langkahnya hewan ini. Upaya penyelamatan dilakukan dengan mengembang-biakkanya di tempat penangkaran. Kelak, anak-anaknya aka dikembalikan ke alam. Menurut perkiraan, jumlah marmut Vancouver tinggal 24 ekor saja.

 

 

 

 

 

3. Badak Jawa ( Rhinocerus Sondaicus )

Badak Jawa merupakan mamalia darat besar yang terlangka di dunia. Diperkirakan jumlahnya tinggal 60 ekor.  Kelangkaan itu diakibatkan kerusakan habitat dan perburuan liar. Para pemburu liar mengincar culanya yang berharga mahal.

Dahulu, speises Badak Jawa tersebar luas, lho. Mulai dari India, Butan, Bangladesh, Cina, Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia, dan Indonesia. Sekarang Badak Jawa hanya ditemukan di Taman Nasional Ujung Kulon, Banten. Di Ujungkulon perkiraan populasinya seitar 50-60 ekor. Pada akhir tahun 1999 diketahui vietnam pun spesies Badak Jawa masih ada, tetapi populasinya tidak lebih dari 10 ekor!


4. Wombat ( Lasiorhius krefftii )

Australia memiiki beragam hewan berkantung selain Kangguru. Salam satunya adalah Wombat. Dari tiga spesies Wombat, salah satunya sudah sangat langka. Si langka adalah Wombat berambut-hidung dari Utara. Mereka hanya ditemukan di Queensland.

Wombat jenis ini terancam punah. Jumlahnya di alam tinggal sekitar 113 ekor. Mereka terancam punah karena kerusakan habitat. Mereka juga kalah bersaing dengan hewan-hewan pendatang yang dibawa masuk bangsa Eropa ke Australiaseperti sapi, kambing, dan kelinci.

 

 

5. Tamaraw

Dan yang terakhir adalah Tamaraw. Tamaraw adalah kerbau cebol dari Filipina. Sekilas terlihat seperti kerbau biasa, hanya saja ukuranya lebih lebih kecil. Hidup di hutan lebat dan hidup berpasangan dan tidak suka berkelompok. Hewan ini hanya ditemukan di Pulau Mindoro. Pertambahan penduduk pulau itu menyebabkan habitat Tamaraw terus berkurang. Perburuan liar juga ikut mengurangi populasinya. Jumlah  Tamaraw diperkirakan kurang dari 200 ekor.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: